March 23, 2009

Asem Pedas Cumi Asin

Aku lagi rindu banget ama Mamaku tercinta, apalagi ama masakan Mama.. "Asam Pedas Cumi Asin", bayanginnya aja aku jadi laper.. karena rasanya enak banget, udah gitu praktis lagi karena semua bumbu cukup diiris-iris aja, secara aku belum punya ulekan and blender.. hehehehe... :D
Akhirnya, pulang dari kantor aku langsung ke pasar diantar ama Abiku Sayang. Setelah semua bahan terbeli, aku cepat-cepat pulang dan langsung siap-siap masak. Sewaktu ditumis, wanginya... eeehhhhmmmmm... tambah bikin aku laper berat..

Seng gongseng gongseng... tadaaaa... jadi juga masakanku... yuk mari Abiku Sayang... kita santap.. pake nasi anget... nyam.. nyam... nyam... oh Mak.. yummmyyyy... asem, pedes, asin jadi satu... pengen nambah terus ni nasinya.. kalo ga inget badan udah segede ini, pastinya aku mo nambah lagi.. hehehehe.. :D

Mo nyoba masak juga? Siap-siap masak nasi yang banyak ya... karena dijamin satu piring tak kan pernah cukup.. :P
Aku share ni resepnya.. selamat memasak.. ;)


ASAM PEDAS CUMI ASIN
Resep asli: Mamaku tercinta "Sri Rahayu"
Modified by: Susi

Bahan:
  • 250 gr cumi asin (lebih enak lagi cumi asin yang ada telurnya), dicuci bersih lalu direndam di air panas kurang lebih 15 menit, kemudian dipotong-potong sesuai selera
  • 6 siung bawang merah, diiris tipis
  • 3 siung bawang putih, diiris tipis
  • 10 buah cabe ijo, diiris bulat tipis
  • 25 buah cabe rawit, diiris bulat tipis (resep asli dari Mama ga da ni cabe rawit)
  • 5 buah belimbing wuluh/sayur, dibuang ujungnya lalu dipotong jadi dua
  • 1 tomat merah besar, dipotong sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  • Air secukupnya

Cara memasak:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampe harum
  2. Masukkan cabe ijo dan cabe rawit, tumis sampe agak layu
  3. Masukkan cumi asin, tumis sebentar
  4. Tambahkan air secukupnya, jangan banjir ya... sedikit aja!
  5. Bila air udah menyusut, masukkan tomat dan belimbing wuluh
  6. Aduk sebentar, kemudian angkat
  7. Sajikan dengan nasi anget.. jangan lupa siapkan juga air minum yang anget ya.. ;)

PS: Aku ga pake garam karena cuminya udah asin, tapi kalau rendam cuminya dalam air panas cukup lama, rasa asinnya bisa jadi udah ilang, so... bisa ditambah garam secukupnya pas menumis. Bagi yang ga suka or ga mo pedes, cabe ijo dan cabe rawitnya bisa dikurangi ya... sesuai selera anda aja deh... pokoknya jangan sampe anda sakit perut abis nyoba resepku ya... hehehehe... Kalo perutku sih udah kebal ni.. :)

No comments:

Post a Comment