March 23, 2009

Gulai Tauco Medan

Nah ini dia salah satu makanan favoritnya Abiku Sayang selain Kari Kambing India... GULAI TAUCO MEDAN.. kalo aku masak makanan ini, siap-siap deh masak nasi rada banyak dari biasanya.. karena Abi bisa nambah sampai tiga piring.. tapi kok tetep ga gemuk2 sih Abiku... malah Umi yang makin melar ni... hehehehehe... :D

Aku dapat resep ini dari mertuaku.. Mamak Nacha.. juga dari Kakak Iparku yang mirip Camelia Malik.. Kak Anun. Kata Mamak and Kak Anun, Abi dari kecil udah suka kali ama Gulai Tauco Medan ini... makanya mereka wariskan resep-resep makanan favoritnya Abi ke aku supaya kalo Abi rindu ama masakan Mamak and Kak Anun, aku bisa nyediain khusus buat Suamiku tercinta.. :)

Masaknya juga ga gitu ribet, bumbu tetep diiris-iris semua, tumis semua jadi satu, masukkan santan, rebus bentar.. jadi deh.. GULAI TAUCO MEDAN.. nyium wanginya aja Abi udah di depan kompor sambil mengendus-endus asap yang mengepul dari dalam panci.. Abi bilang: "Sedapnyaaaaa Umi..."Mo nyoba juga sensasi sedap dari Gulai Tauco Medan..?? Silahkan aja copas resep warisan di bawah ini ya... have a nice cooking.. ;)


GULAI TAUCO MEDAN
Resep: Mamak Nacha & Kak Anun

Bahan:
  • 100 gr buncis, potong ujungnya lalu iris serong
  • 6 buah tahu putih, potong-potong sesuai selera lalu goreng setengah matang
  • 250 gr udang ukuran sedang, cuci bersih dan biarkan utuh
  • 4 sdm tauco Medan
  • 15 buah cabe hijau keriting, iris serong tipis
  • 8 siung bawang merah, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah tomat merah besar, potong jadi delapan
  • 3 ruas jari jahe, kupas lalu iris sesuai selera
  • 2 ruas jari lengkuas, kupas lalu iris sesuai selera
  • 1 batang sereh, digeprek
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • Santan dari 1 buah kelapa yang ditambahkan air 1 gelas untuk santan kental (perasan pertama), kemudian 1 gelas lagi untuk santan encer (perasan kedua)
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  • Garam secukupnya

Cara memasak:

  1. Panaskan minyak goreng dalam panci
  2. Setelah minyak panas, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum
  3. Masukkan cabai hijau, tumis sampai agak layu
  4. Lalu masukkan jahe, lengkuas, sereh, daun salam dan daun jeruk, tumis hingga harum
  5. Masukkan buncis, tumis sebentar
  6. Kemudian masukkan udang, tumis sampe udang berubah warna
  7. Masukkan tahu goreng, aduk sebentar
  8. Masukkan tauco, aduk hingga merata
  9. Masukkan santan, aduk terus dan perlahan sampai santan mendidih
  10. Setelah santan mendidih, masukkan tomat, aduk sebentar
  11. Tambahkan garam secukupnya
  12. Angkat dan siap disajikan

PS: Tauco sudah asin, jadi cicip dulu sebelum ditambah garam ya... daripada keasinan nanti dikira mo nikah lagi deh... hahahahahaha.. :))

3 comments: