March 31, 2009

Kare Kambing India

Ini dia makanan paling favoritnya Abiku Sayang... KARE KAMBING INDIA.. resepnya dari siapa lagi kalo bukan dari Mamak Nacha & Kak Anun.. inilah masakan pertama yang diajarkan Mamak & Kak Anun ke aku.. masakan ini juga sebagai tes pertama aku diterima menjadi menantu & ade ipar.. hehehehe.. :D
Deg-degan juga waktu itu, takut hasilnya ga enak... gagal deh aku jadi menantu & ade ipar.. tapi pas Mamak & Kak Anun nyicip hasil masakanku, ga nyangka... katanya enak... akhirnya aku lulus juga... alhamdulillah.. :)

Ini hasil kareku yang ke-15 sejak jadi istrinya Abi.. baru kali ini difoto secara aku mo buat blog koleksi masakan.. hehehehe.. ini pun difoto setelah kari ini diangetin selama 2 hari.. jadi kuahnya udah mengental.. maklum kameraku baru diservis ni.. :D
Kebetulan Abi gi rindu ama kari kambing Mamaknya, daripada ngiler mending aku buatin aja. Masaknya sedikit rumit karena lumayan banyak pake bumbu and rempah-rempah. Persiapannya yang lumayan makan waktu.. proses memasaknya sih lumayan cepat.

Masakan belum matang aja Abi udah di depan kompor & seperti biasa mengendus-endus sambil berkata: "Sedapnyaaa Umi.."
Kari ini paling enak dimakan ama roti jala atau roti cane.. secara aku belum bisa buat roti jala and roti cane.. jadi Abi mamamnya pake nasi aja ya Sayang.. :D
Biasanya kalo ga pake nasi, Abi makan kari ini pake roti tawar... enak juga katanya.. :)

Ini dia resep warisan keluarga Abi... met mencoba ya.. ;)


KARE KAMBING INDIA
Resep: Mamak Nacha & Kak Anun

Bahan:
  • 500 gr daging kambing (yang muda lebih enak)
  • 250 gr kentang, dikupas lalu dipotong jadi empat
  • 5 buah cabe hijau besar, dipotong jadi dua
  • 1 buah tomat merah besar, dipotong jadi delapan
  • Santan dari 1/2 kelapa yang ditambah air satu gelas (kental)
  • Air 2 - 3 gelas
Bumbu tumis:
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 1/2 jari kayu manis
  • 5 buah cengkeh
  • 1 buah bunga lawang/pekak
  • 1 buah kapulaga India
  • 10 lembar daun kare
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Bumbu halus:
  • 100 gr ketumbar
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 ruas jari jahe
  • 250 gr cabe merah keriting (bisa dikurangi bagi yang tidak suka pedas)
  • 1 sdm bumbu Babas Kare Daging Pedas
  • Garam secukupnya
Cara memasak:
  1. Campur daging dengan bumbu halus
  2. Panaskan minyak dalam panci
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
  4. Masukkan kayu manis, cengkeh, bunga lawang/pekak, kapulaga & daun kare, tumis sampe harum
  5. Kemudian masukkan daging yang telah dicampur dengan bumbu halus, aduk rata
  6. Tambahkan air, aduk rata, kecilkan api, tutup panci sampe daging empuk
  7. Setelah daging empuk, masukkan santan, kentang, tomat & cabe hijau
  8. Tunggu sampe santan mendidih sambil diaduk perlahan
  9. Tusuk kentang dengan garpu untuk melihat apakah kentang sudah matang
  10. Matikan api setelah kentang matang
  11. Angkat, siap disajikan

2 comments: